Uban: Pertanda Waktunya Semakin Dekat?

Bismillaah..

Kali ini iseng sekali bahas uban. Habisnya penasaran aja, udah dua kali ini mendapati sehelai rambut berwarna putih tercerabut. Ya, apalagi kalau bukan uban? Untuk uban kedua (yang baru disadari–karena ngga sengaja tercabut) ini udah ngga kaget sih. Ceritanya sudah mulai bisa menerima takdir #ea (aslinya sih berharap: aamiin ya Allah, masih harus banyak belajar rida dengan takdir Allah). Kemudian iseng-lah googling tentang uban di usia muda. Salah satu artikel yang cukup menarik dan membuat manggut-manggut.


Makna Sehelai Uban

Dengan tumbuhnya uban pertama ini saya menjadi lebih banyak mengingat.. flashback kebelakang tentang apa saja yang telah saya lakukan dari saya kecil hingga saat ini, apakah lebih banyak manfaatnya atau justru sebaliknya? karena uban pertama ini, menjadi semakin terasa keterbatasan waktu dikehidupan ini.. semakin menyadari bahwa kesempatan seseorang bisa “menghembuskan nafas” itu hanya sekali, jadi harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.


Janganlah mencabut uban. Tidaklah seorang muslim yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shagir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

(selengkapnya di sini)

Lalu, apa yang mau dikhawatirkan dari tumbuhnya uban? Tidak ada, kecuali kekhawatiran bahwa waktu ‘kepulangan’ sudah semakin dekat, sedangkan bekal diri masih sedikit. Ada kebaikan (di akhirat) dalam setiap helai uban yang tumbuh seperti yang dikatakan oleh baginda Rasulullaah saw. Semoga bisa menahan diri dari mencabuti uban-uban selanjutnya ya dan semoga uban yang tercabut tanpa sengaja tidak menghilangkan kebaikannya (di akhirat). Akhirnya, kepada Allah (semoga) selalu (diingatkan untuk) bermohon: Allaahumma inni asaluka ridhaaKa wal jannah wa a’uudzubika min sakhatika wannaar.

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s