[Transkrip Kartun Islami] Curahkan Hatimu Kepada Allah – Nouman Ali Khan — Nouman Ali Khan Indonesia

Qoola, innamaaa asykuu batstsii wa huzniii ilallooh.” (QS. Yusuf ayat 86)

Aku hanya mengeluhkan duka dan kesulitanku kepada Allah.

Bismillaah… 

Kembali diingatkan salah satu kisah dari artikel ini. Bahkan, seorang Nabi pernah merasa begitu sedih hingga buta matanya. Tiap orang pasti pernah mengalami kesedihan dan seberapa dalamnya tidak akan bisa disamakan. Hanya saja, bagaimana menyikapi kesedihan itu? Siapakah atau di manakah tempat yang paling baik untuk meluapkan kesedihan itu? Agaknya, sikap Nabi Ya’qub as. patut kita teladani karena memang hanya Allah satu-satunya yang paling tahu dalamnya kesedihan kita. Bukankah hati kita ada dalam genggaman-Nya?

Bukan berarti tidak boleh berbagi/bercerita kepada manusia. Namun, sebagai seorang muslim kita mesti belajar bergantung penuh kepada Allah. Allah tempat kita berkeluh-kesah. Kepada orang lain, (semoga) cukup berbagi ketika hati sudah ditenangkan oleh-Nya dan sekadar berbagi pandangan atau meminta saran. Dalam berbagi cerita kepada orang lain pun kita mesti lihat juga, orang itu (sudah) patut kita bagikan ceritanya atau tidak? Carilah orang yang bijak yang bisa membantu kita menjadi lebih bijak dan kuat.

Bagian artikel yang menanggapi kalimat Nabi Ya’qub as. pada ayat QS Yusuf ayat 86 yang menurut saya patut direnungkan:

Pada ayat ini, satu kebenaran yang dalam diungkap oleh Yaqub ‘alaihissalaam. Benar, kita memperoleh kelegaan dari sesama, namun saya tidak akan pernah bisa memahami kepedihan Anda dan Anda tidak akan pernah bisa memahami kepedihan saya. Ini takkan pernah terjadi. Kesedihan yang saya alami hanya saya yang merasakan.

Kamu tahu apa yang kita lakukan? Kita mencoba membandingkan kesedihan kita dengan orang lain atau kita mencoba membandingkan… kondisi kita dengan kondisi lain yang mirip, ya kan? Setiap situasi, hati, dan kepedihan itu unik. Satu-satunya yang benar-benar memahami kepedihan yang Anda alami adalah Allah.

Artikel selengkapnya:

Assalamu’alaikum. Selamat datang semua di “Amazed by the Qur’an,” serial di mana saya ingin berbagi dengan Anda, hal-hal menakjubkan yang saya temukan tentang Qur’an. Hari ini saya akan berbagi sesuatu… yang dikutip dalam Qur’an, dari Yaqub ‘alaihissalaam ketika berbincang dengan putra-putranya. Saat mereka agak frustrasi dengannya, yang belum melepaskan kenangan tentang Yusuf, beliau masih berduka […]

via [Transkrip Kartun Islami] Curahkan Hatimu Kepada Allah – Nouman Ali Khan — Nouman Ali Khan Indonesia

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s