Aku ditegakkan-Nya lagi.

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Bagaimana rasanya, ketika diri hampir menyerah, tapi kemudian memilih untuk tetap bertahan dengan pasrah? Ya, bertahan, karena untuk bergerak maju pun rasanya kaki ini masih berat, tapi diri tak hendak mundur sama sekali. Kemudian pasrah, pasrah menyerahkan segala yang sudah berlalu kepada-Nya, agar diurus-Nya kemudian, agar ditetapkan-Nya apa-apa yang hendak Dia putuskan. Pasrah, karena tidak ada jalan lain kecuali berserah atas yang sudah-sudah.

Segala puja dan puji hanya bagi-Nya. Ketika berkali-kali harus mencoba meneguhkan hati untuk menerima apapun ketentuan-Nya dengan segala daya upaya meski harus terseok-seok dengan langkah terseret. Ketika rasa sudah tak ingin merasa. “Terserah Dia saja”, begitu kata(hati)nya. Lalu, tiba-tiba seperti ada yang merangkul dan menegakkan diri, merengkuh dan menggandeng tangan ini. Rasanya, seperti hendak ambruk, tapi kemudian ada sekelebat tangan yang meraih diri dan menopang badan ini. Aku ditegakkan-Nya lagi.

Duhai, betapa seringkali terasa sempit pikiran dan prasangka ini terhadap ketentuan-Nya. Padahal, karunia dan kasih sayang-Nya teramat luas. Hampir, hampir saja, tapi Allah lagi-lagi menunjukkan kuasa-Nya di atas ketidakberdayaan hamba-Nya ini. Seringkali, keyakinan itu hanya perlu waktu untuk menjadi kenyataan. Maka, sabar adalah teman yang harus terus membersamainya. Alhamdulillaahilladzii bini’matihii tatimmushshaalihaat.

Maka, cukuplah kemampuan mensyukuri apapun karunia-Nya–besar ataupun kecil–menjadi sebuah karunia tersendiri bagi diri. Karena masih saja, diri ini lupa untuk mensyukuri setiap pemberian-Nya. Padahal, tak hingga banyak pemberian-Nya yang diberikan tanpa diri ini minta sebelumnya. Semoga rasa syukur itu selalu di hati dan teramalkan oleh jasmani. Semoga pula, keyakinan dan prasangka baik kepada-Nya selalu terjaga.

Advertisements

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s