Malu Adalah Pakaianku

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Segala puji bagi Allah, Allah masih mengizinkan diri ini memilikinya (dan memakainya). Betapa ia telah menjagaku dari perbuatan yang bisa merendahkanku di hadapan-Nya. Betapa ia membantu diri ini bertumbuh, memacu diri ini untuk lebih baik dari sebelumnya.

Malu dengan kejahilan masa lalu, membuat diri ini ingin sekali berbenah dan menutupi segala kerombengan masa lalu. Malu dengan impian yang melangit, membuat diri bersegera bangun dari kemalasan untuk bangkit menyambut hari. Malu yang membuat diri terbayang-bayang pertanyaan tentang “apa lagi yang harus kulakukan, yang membuatku bisa mencapai impian itu setelah sekian kali jatuh bangun dan naik turun semangatku?”

Segala puji bagi Allah yang berkenan menjadikannya pakaianku. Dengannya, aku lebih terjaga dari apa yang dapat mengotoriku. Ketika diri (tanpa sadar) mulai menanggalkannya (perlahan), Allah munculkan perasaan tak nyaman agar diri ini tersadar sebelum (benar-benar) menanggalkannya. Ketika diri ini jengah dan (mulai) ingin mengabaikannya, Allah munculkan rasa berat dan sesak untuk melangkah.

Ketika diri tak lagi malu dengan Tuhannya, Ia biarkan diri berlaku sekehendaknya, semaunya, hingga pada akhirnya tersadar dalam kehampaan. “Ada yang salah dalam diriku”, begitu ia bergumam seketika saat tersadar. Rasanya sudah tidak ada yang mempedulikannya akibat ketidakpeduliannya pada (menjaga malu dari) Tuhannya.

Segala puji bagi Allah, Dialah Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Begitu besar kasih sayang-Nya, bahkan melebihi kemurkaan-Nya. Dia masih akan terus menyambut hamba-Nya yang ingin kembali pada-Nya meski telah (lama) lupa dan mengabaikan-Nya.

Ketika malu itu (sudah) kumiliki dan kukenakan (lagi), betapa manis dan indah terasa kasih sayang dan rahmat-Nya. Betapa indah dan manis terasa penjagaan-Nya. Betapa indah dan manis terasa di setiap detik kebersamaan-Nya.

Laa hawla wa laa quwwata illaa billaah.

Allaahul musta’aan. Wallaahu a’lam bishshawab.

Advertisements

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s