“Yen ing tawang ana lintang”

Bismillaah..
Entah kenapa, beberapa hari terakhir ini penggalan lirik lagu “yen ing tawang ana lintang” rasanya seperti terngiang terus di kepala. Saya curiga jangan-jangan karena keseringan dengar rumah sebelah yang nyetel tembang-tambang jawa (keroncong) dan salah satunya lagu itu lalu secara tidak sadar merasuk ke alam bawah sadar saya. Ah, tapi itu hanya dugaan. Saya juga tidak hafal tembang-tembang apa saja yang biasa diputar tetangga sebelah, heheh…
Apapun itu, yang jelas, secara unik penggalan lirik ini menarik perhatian saya. Awalnya saya meraba-raba maknanya. Tidak lama kemudian, saya baru ngeh (mungkin saya sudah lupa dengan pelajaran tentang nama lain suatu benda dalam bahasa Jawa)  ternyata artinya memang bagus . Setidaknya, menurut saya ini puitis, huehehe…
Penggalan lirik yang puitis ini pun menambah daftar tersangka penyebab kerinduan saya untuk belajar (lagi) keindahan bahasa Jawa. :”)))

image
*gambar di atas adalah tersangka lain*

Komentar

