Perjalanan

بسم الله الرحمن الرحيم

Sebagian (besar) manusia adalah penikmat perjalanan. Setiap mereka memiliki cara masing-masing untuk menikmatinya. Ada yang memilih berdiam diri dengan mata disapukan ke setiap pemandangan yang mampu dijangkau indera penglihatannya. Ada pula yang menikmatinya dengan bercengkrama bersama orang lain, baik itu keluarganya, sahabatnya, atau bahkan sekadar berbincang dengan teman seperjalanan yang baru ditemuinya selama perjalanan. Ada juga yang tak pernah luput mengabadikan setiap jengkal perjalanannya dengan kamera. Ah manusia, terlalu kreatif untuk sekadar bisa membatasi geraknya. Terlalu banyak tingkah polahnya.

Para penikmat perjalanan ini (biasanya) mencari-cari, “adakah yang baru yang menarik dalam perjalanan kali ini?” Mereka juga merekam setiap apa yang menarik hati, tentu masih dengan cara mereka masing-masing.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Sebuah kalimat thayibah, kalimat yang baik. Sebuah kalimat yang semestinya mengawali setiap langkah seorang muslim. Sebuah kalimat untuk memulai setiap perjalanan. Sejatinya hidup adalah sebuah perjalanan, maka setiap aktivitasnya juga merupakan perjalanan.
Ingatkah engkau akan nasihat Rasulullaah saw. terkait hidup dan perjalanan? Bagaimana semestinya kita memaknai hidup?

Advertisements

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s