Prasyarat untuk (Calon) Topik Tugas Akhir

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Alhamdulillaah, akhirnya (berani juga) menghadap lagi ke (calon) dosen pembimbing tugas akhir. Ya, sekarang masih calon, beberapa pekan atau bulan nanti bisa jadi sudah bukan calon lagi. Setelah sempat kikuk saat pertama kali menghadap untuk menanyakan topik untuk tugas akhir dan beberapa waktu masih segan untuk bertanya lagi, akhirnya hari ini (di)berani(kan) untuk menghadap (calon) dosen pembimbing tugas akhir saya ini.

Awalnya memang sempat bingung mau nanya apa lagi sekarang. Segan dan malu juga kalau bilang jujur “Maaf, Pak. Saya mau bertanya tentang topik yang bapak tawarkan di kelas waktu itu, tapi saya lupa tentang apa”. Beruntungnya, walaupun sempat kikuk lagi di awal, alhamdulillaah beliau melayani pertanyaan saya dengan baik dan ramah. Hilanglah rasa kikuk saya. Walaupun sempat (agak) kaget kalau ternyata ada prasyarat yang beliau ajukan, tapi alhamdulillaah titik terang itu sudah terlihat. Akhirnya ada kejelasan bagaimana nanti saya mesti mem-follow up rencana saya untuk mengambil topik tersebut.

Beliau baik sekali memberikan prasyarat tersebut dengan maksud agar nanti saya tidak kesusahan dalam menjalani tugas akhir nanti. Beliau juga menyarankan untuk tidak mengandalkan topik ini sebagai calon satu-satunya. Beliau menyarankan agar saya bertanya ke dosen lain juga untuk mencari topik lain yang sekiranya bisa saya ambil. Saya pun hanya bisa (berkali-kali) menjawab dengan “Oh..baik, Pak. Terima kasih..” setiap beliau memberikan saran dan menjelaskan maksudnya.

Lega rasanya, alhamdulillaah. Setidaknya salah satu beban “pencarian topik tugas akhir” bisa lebih ringan karena sudah menemukan titik terangnya. Satu hal yang masih menunggu kepastian adalah mengenai prasyaratnya. Barangkali, pekan awal Januari 2015 nanti baru bisa tahu apakah lolos prasyaratnya atau tidak. Sembari menanti dan berdo’a semoga mendapat yang terbaik, saya akan mencari peruntungan lain seperti yang disarankan beliau, in sya’a Allah. Sembari menanti, saya juga mesti merampungkan tugas-tugas semester ini yang masih tersisa juga berikhtiar untuk UAS beberapa matakuliah yang masih tersisa.

‘Alaa kulli haal, harus selalu menjaga hati untuk terus bersyukur dan bersabar. Bersyukur atas segala pemberian dan ketentuan-Nya. Bersabar atas setiap pilihan yang diberikan-Nya. Bersabar untuk terus taat dan menjauhi maksiat sampai tiba apa yang Dia janjikan. In sya’a Allah.

Fa biayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan?

Advertisements

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s