Selintas Memori

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Biidznillaah, malam ini diberi kesempatan untuk membuka slide materi kuliah dan belajar untuk besok. Jarang-jarang ada kesempatan begini di hari-hari selain di pekan ujian. Memang besok ada kuis sih.. Sama aja ya? Enggak, beda deh. Beneran. Sebuah kenikmatan tersendiri bisa melek untuk membuka dan membaca slide materi kuliah malam-malam begini, terutama saat mau kuis. Nikmat yang amat sangat kalau bisa begini walaupun ga lagi mau kuis. :3

Ah ya, itu baru intro. Jadi begini ceritanya kawan, saya tetiba teringat masa-masa (dulu) saat ujian ada di depan mata. Bersiap dengan slide-slide materi kuliah yang diujikan. Men-download dan ngumpulkan semua slide materi kuliah sampai lengkap. Intinya, bersiap untuk berperang. Nah, ada satu hal (ciri khas) saya ketika tiba masa-masa membuka dan belajar dari slide saat itu. Beginilah kelaluan saya:

Sering banget liat nomor halaman di slide untuk memeriksa sedang berada di halaman berapa kah saya dari total halaman slide yang sedang saya baca. Lalu, beranjak memeriksa sedang berada di bab ke berapa dari total bab matakuliah yang sedang saya pelajari. Kemudian hitung mundur. Dari sekian bab dan halaman yang sudah dibaca, sudah berapa waktu yang dihabiskan? Kemudian saya mulai mencoba memprediksikan. Kira-kira, butuh berapa waktu lagi ya untuk menghabiskannya? Kira-kira, waktu yang tersisa untuk belajar materi ini masih cukup tidak ya? Bagaimana strategi agar waktunya cukup? Apa yang sebaiknya saya lakukan?

Apakah kawan ada yang mempunyai ciri khas yang sama dengan saya? Sungguh, ini salah satu kenakalan yang harus saya berdayakan. Kalau strategi yang saya lakukan bagus, biasanya hasilnya sesuai. Tapi kalau tidak saya tangani (potensi masalah yang bisa menghambat belajar saya) dengan baik, hasilnya akan seadanya. Tentu, usaha dan strateginya tidak cukup hanya mengandalkan kemampuan diri, tapi juga memohon pertolongan dari yang Maha Mengabulkan Do’a hamba-Nya yang berdo’a. Karena itu, saya sangat bersyukur dan beruntung jika saat saya (harus) berhadapan dengan slide materi kuliah, kondisi saya sedang ON. Kalau tidak begitu, oh bahaya. Terancam malas dan mengantuk. Selamat belajar, Kawan. Semoga Allah rida. Aamiin.

Bismillaahirrahmaanirrahiim.. ilaa mardhaatillaah 🙂

Komentar

