“Jeda Cinta”

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Hari ini, malam ini tepatnya, agaknya diri disadarkan arti cinta yang lain. Bukan, bukan arti yang asing. Hanya saja, diri ini seperti baru mengerti tentangnya, baru paham dengannya. Arti cinta yang sesungguhnya, cinta sejati berlandaskan tali terkuat: tali akidah.

Cinta sejati–cinta karena iman dalam hati–ini, bukan berarti tanpa onak dan duri. Bukan berarti mulus tanpa masalah berarti. Ada saja yang meninggalkan luka di hati. Entah itu membekas sebagai goresan, retakan, atau bahkan lubang atau luka yang menganga. Entah apapun bentuk rupanya.

Atas jeda cinta yang (pernah/masih) ada, diri ini mungkin harus belajar. Harus banyak belajar rela. Harus berusaha membuat jeda itu tiada. Harus berupaya menepikan jeda yang ada. Diri ini harus belajar meneladani sikap para teladan mulia. Sikap para Sahabat Teladan termulia.

Mereka yang tak diragukan lagi keimanannya. Mereka yang jika dibanding diri ini? Sangat jauh. Dari sekian kisah yang ada, diri ini mesti memilih sikap: mau meneladani yang mana? Membiarkan jeda itu tak menepi sampai mati ataukah mencoba, berupaya mengikis jeda yang ada? Menepikan jeda cinta yang tersisa.

Mudah? Entahlah. Aku pun tak tahu semudah atau sesulit apa. Entah. Hanya berharap Sang Maha Cinta membantu mengikis jeda yang ada, menepikan jeda yang tersisa. Hanya berharap, Allah satukan diri dengan yang dicinta tanpa ada jeda sebelum raga jadi tak bernyawa hingga kelak sampai di syurga-Nya.

———————————————————–

Renungan pasca membaca ini 🙂
Cinta, tak selamanya tanpa jeda. Hanya, bagaimana kita menyikapi jeda yang tercipta? Hanya, sampai kapan jeda itu kita biarkan tetap ada?

Kisah cinta para mulia pun tak selamanya lepas dari jeda, bahkan kisahnya memilukan.

Semoga diri dan kawan semua bisa meneladani sikap mulia para Sahabat atas jeda cinta yang (pernah/masih) ada.

Mungkin sikap Ali, Thalhah, dan Zubair bisa kita jadikan teladan.

Allaahul musta’an, wallaahu a’lam.

Advertisements

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s