Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Setelah sekian waktu tidak menulis dan sempat ingin menulis tapi kekurangan ide dan semangat (hehe). Akhirnya, saya menemukan ‘sesuatu’ yang sempat melintas di pikiran saya dan pernah saya ceritakan ke teman saya.

Kali ini tentang fenomena produk minuman teh siap minum yang marak di sekitar kita. Sejauh ini, sudah ada dua produk minuman teh siap minum yang saya temukan ketidakKONSISTENan antara bentuk ‘fisik’ sajian dan label namanya. Saya kira (dan mungkin banyak orang juga begitu), label namanya itu memang ditujukan untuk mewakili bentuk sajian produknya. Tapi entah mengapa perubahan waktu membuat bentuk ‘sajian’-nya pun ikut berubah. Saya jadi mempertanyakan, sebenarnya MOTIVASI pelabelan produknya itu apa ya? Jika memang agar sesuai dengan bentuk ‘sajian’-nya, tapi mengapa justru berTRANSFORMASI ‘bentuk’ seiring bertambahnya waktu, variasi ukuran, dan (mungkin karena) bertambah maraknya produk di pasaran.

Entahlah, sejauh ini, saya kira baru ada satu produk yang sudah saya kenal lama yang KONSISTEN atas ‘pelabelan’-nya. Meski ada perubahan ukuran dari sejak lama saya mengenalnya, tapi tetap TEGUH mempertahankan bentuk sajian fisik yang sesuai dengan labelnya. Salut! Patut dipertahankan. 😀

Mungkin sebagian orang berpikir ini hal sepele. Baiklah, itu terserah mereka. Mereka berhak berpikir begitu. Mereka boleh menyepelekan, tapi saya tidak. Tapi satu hal yang sangat saya apresiasi adalah keKONSISTENan memilih label dan cara penyajian produk. Ya, itu dia. Mungkin sebagian orang berpikir ‘yang penting laku deh’. Yap, itu tidak salah, tapi sangat disayangkan kalau MOTIVASInya hanya itu. KONSISTEN adalah sebuah nilai yang patut dipertahankan. Jujur, saya juga masih perlu berjuang keras untuk konsisten. Itulah mengapa saya mengAPRESIASI KONSISTENSI (dalam hal ini tentang label dan penyajian produk) apalagi jika tidak banyak orang yang memperhatikannya. Yang BEDA itu memang SEDIKIT. Asalkan BEDA yang BAIK, kenapa tidak?

Satu hal lagi, KONSISTEN itu erat kaitannya dengan INTEGRITAS. Itulah yang semakin membuat saya tambah senang dengan sedikit kalangan (atau apapun itu) yang MAMPU dan MAU untuk tetap KONSISTEN untuk BEDA yang BAIK di tengah KEUMUMAN yang dipertahankan orang pada UMUMnya.

Allaahu a’lam.

Selamat Berbuka dan Semoga Bermanfaat. 🙂

Komentar

