“Ujian terbesar…

“Ujian terbesar dalam ukhuwah itu husnudzan”

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Benar memang, terasa sangat. Sungguh. Ketika dihadapkan dengan berbagai liku dan persimpangan jalan. Ketika berbentur pemikiran. Ketika yang terjadi tidak sesuai harapan. Ketika yang dijadikan ‘sosok’ rule model ternyata mengecewakan dan di luar ekspektasi.

Hingga diri sering mengingatkan dan menggertak sendiri, ‘Berharap pada manusia?siap-siap saja kecewa. Sudah dibilang, berharaplah saja pada Allah semata. Dia yang Mahamengatur segala.’. Ya, kecewa. Itu dia. Saat harapan salah digantungkan, begitulah jadinya.

Lalu, apa yang diri ini bisa lakukan? Hanya berharap semoga Allah membantu diri ini memaafkan. Hanya berharap semua ini adalah yang terbaik darinya, apapun itu. Hanya berharap skenario-Nya sungguh indah saat dibukakan nanti. Hanya berharap, semoga memang diri ini yang salah, yang kurang baik, mereka pasti ada udzur yang diri tak pernah tahu apa. Hanya berharap prasangka tetap terjaga baik. Ya, hanya harap pada Allah yang jadi andalan. Apa lagi? Sungguh hanya Allah yang setia, yang patut dan semestinya jadi sandaran. Hasbiyallah wa ni’mal wakiil. Cukuplah Allah sebagai penolong.

Sungguh, husnudzan juga perlu usaha, bukan serta merta bisa. Karena pada dasarnya pikiran ter-setting untuk memberi penilaian atas sesuatu yang tidak mesti kita sukai. Yang terkadang munculnya pun tergantung keadaan hati. Karena itu, mesti dan harus dijaga. Agar setiap pemikiran itu hanya yang baik-baik saja. Ya, semua itu butuh usaha. Lagi-lagi, diri ini pun tak sepenuhnya mampu mengendalikannya. Ya, hanya bisa mengandalkan-Nya memang. Mohon pada-Nya untuk pandai-pandai mencari alasan untuk berhusnudzan.

Ya, husnudzan. Berprasangka baik. Mesti diusahakan.

Laa haula wa laa quwwata ilaa billaah.

Advertisements

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s