Workshop Qur’an Time (3) : Penutup, Saran

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Oh ya, di edisi pertama tulisan ini saya sudah kasih spoiler kan yaa?

Spoiler tentang saran itu tuu, apa yaaa?hehe
Kalau belum tahu, silakan cek ini dulu terus lanjutin baca ini baru deh balik ke sini 😀

Yang udah, langsung aja ya, tapi saya belum mau masuk ke saran dulu.

Oke, jadi di sesi tanya jawab itu ada dua peserta yang bertanya. Pertanyaannya tentang bagaimana jika menghafal Al Qur’an, tetapi tidak paham maknanya dan bagai mana menghafal sambil kuliah. Ada satu lagi, tapi kurang jelas apa, kalau tidak salah sih seputar bagaimana membiasakan anak yang masih kecil/balita dengan Al Qur’an.

Pertanyaan pertama: bagaimana kalau membaca AL Qur’an tenpa mengerti makna?

Nah, itulah mengapa mestinya anak-anak (sejak SD) sudah hafal Al Qur’an (30 juz). Agar memorinya dibangun dulu. Baru setelah masuk SMP, mulailah belajar maknanya. Seperti yang sudah ditulis di tulisan sebelumnya, kalau dari kecil anak sudah hafal Al Qur’an, anak sudah dibimbing Allah karakternya.

Pertanyaan kedua: bagaimana menghafal Al Qur’an sambil kuliah?

InsyaAllah tidak sedikit yang kuliah sambil menghafal Al Qur’an. Asalkan niatnya dijaga. Tidak ada istilahnya ketinggalan untuk baca (atau hafal) Al Qur’an). Bahkan, di suatu lembaga tahsin/tahfidz dekat tempat tinggal pembicara, ada seorang ibu sekitar usia 60 tahun (kalau tidak salah) bisa hafal Al Qur’an dalam waktu 4 tahun. MasyaAllah.

Pertanyaan ketiga: bagaimana cara agar anak (balita) dekat dengan Al Qur’an?

Sebenarnya sudah ada metodologi untuk itu. Sudah ada juga bukunya judulnya Balitaku Hafal Al Qur’an. Metode yang bisa diterapkan antara lain dapat dimulai dengan mengenalkan anak dengan huruf hijaiyah yang dekat dengan kesehariannya. Seperti misal ba, kan biasanya anak diajari mainan ‘cilukba’, nah itu bisa jadi sarana mengenalkan huruf ba, dsb. Nah, kalau sudah huruf lepas hijaiyah, bisa dimulai dengan huruf sambung sederhana, dan seterusnya meningkat sampai anak bisa baca Al Qur’an dan menghafalnya.

Pemateri menuturkan bahwa sekarang tidak ada yang susah, semuanya mudah. Tidak hanya orang Indonesia saja yang menghafal Al Qur’an, tetapi orang Jepang dan China bahkan anak kecilnya pun ada yang hafal Al Qur’an. Sebenarnya bisa (mudah) saja menghafal, luangkan waktu 2-3 jam/hari. Asalkan niat, buka hati, dan ucapkan ‘Selamat Datang, Al Qur’an’. InsyaAllah bisa.

Nabi Muhammad saw. saja mulai menghafal usia berapa? Wahyu turun pertama kali saat Beliau saw. berusia 40 tahun, bukan? Itu juga usia awal Rasulullah saw. mulai menghafal Al Qur’an. Sedangkan kalian (kita) masih belasan atau duapuluhan, lebih muda lagi. Tentunya semestinya bisa.

Sebelum menutup sesi Beliau, pembicara memberi tambahan saran(kiat) pada peserta workshop khususan yang akhwat kurang lebih begini, “Saya kasih kiat untuk para akhwat. Kalau hafidzah 30 juz, insyaAllah jodoh gampang.” Lalu ada lagi, “Kalau mau cari suami, carilah suami yang dekat dengan Al Qur’an, yang aura Al Qur’annya kuat, insyaAllah orangnya bijak.”

Bisa ditebak, pasti para akhwat bermesem-mesem ria (tak terkecuali penulis :D). Ah ya, kiat ini bagus sekali, akan disimpan, diingat, dan diamalkan baik-baik, insyaAllah.

Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin. Sekian rangkuman workshop Qur’an Time ini. Masih banyak cerita, hikmah, dan materi yang belum tertumpahkan rapi. Semoga menjadi manfaat dan hikmah buat kita semua. Selamat menyambut Ramadhan. Selamat memperbaiki diri. Semangat menginspirasi.

Tentunya, SELAMAT DAN SEMANGAT MENGHAFAL AL QUR’AN. 🙂
InsyaAllah.

Barakallaahu fiikum.
Jazakumullaahu khairan katsiraa’.

Wallaahu a’lam bishshawab. 
Allaahul musta’an.

Advertisements

2 thoughts on “Workshop Qur’an Time (3) : Penutup, Saran

  1. Pingback: Workshop Qur’an Time (1): Tiga Kisah Pembuka | A Precious Life Footprint

  2. Pingback: Workshop Qur’an Time (2) : Rangkuman Inti | A Precious Life Footprint

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s