Cermin Mukmin 1: Sabar

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

“Sungguh mengherankan perkaranya orang mukmin, karena setiap perkaranya akan baik baginya, apabila dia mendapatkan kenikmatan maka dia bersyukur dan itu baik bagi dia, dan apabila ia mendapatkan musibah maka ia bersabar maka itupun baik bagi dia” (HR Bukhari)

Ya, sepertinya aku lupa, hariku itu sekarang bukan nanti. Yang dahulu sudah berlalu, aku tak bisa berbuat apa-apa lagi dengannya. Jadikan saja pelajaran dan cambukan untuk lebih baik hari ini dan bersyukurlah atas apa yang sudah terjadi. Yang akan datang pun masih misteri, aku mau usaha apa? Apa aku yakin masih di sini, masih bisa usaha? Hariku itu ya sekarang ini. Kalau mau berubah ya sekarang, kalau mau bertindak ya sekarang, kalau mau berusaha ya sekarang. Hariku itu sekarang. Jadi, bersabarlah.

Ingat ini ya. Bersabar itu aktif. Bersabar itu jauh dari pasrah. Bersabar itu terus bekerja meski belum terlihat hasilnya. Bersabar ituterus bangkit setiap kali jatuh. Bersabar itu terus berjalan meski halangan datang. Bersabar itu selalu mencari celah untuk keluar dari masalah. Bersabar itu tetap husnuzhan sama Allah, diri sendiri, dan orang lain. Bersabar itu terus mencari kebaikan-kebaikan orang lain meski teringat akan keburukannya. Bersabar itu tetap tenang meski tertekan. Bersabar itu tetap lapang hati meski sempit dan sakit, meski terjepit. Bersabar itu terus berdo’a dan memohon walau tak tahu kapan do’a dan permohonan itu terjawab, walau hasil sudah terlihat. Bersabar itu terus berdo’a, memohon, dan meminta pertolongan dalam situasi apapun, utamanya mohon ditetapkan dan dikuatkan iman dan islam, serta mohon dibantu untuk ihsan. Bersabar itu berserah diri atas segala upaya yang dilakukan sembari tetap menebar manfaat dan berkarya.

Bersyukurlah atas segala yang sudah terjadi karena tak kan dapat kauubah lagi.  Bersabarlah dalam menjalani harimu saat ini, sekarang ini. Berusahalah sekarang, bergeraklah sekarang, berkaryalah sekarang. Berdo’alah untuk selalu diberikan yang terbaik saat ini dan saat mendatang. Tetap semangat, tetap ceria, dan tetaplah bermanfaat. Hasbunallaah wa ni’mal wakiil, ni’mal maulaa wa ni’man nashiir.

Advertisements

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s