“Orang tua sene…

“Orang tua seneng ya kalo anaknya mau kuliah…”

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

 

“Orang tua seneng ya kalo anaknya mau kuliah…”
Kalimat itu keluar dari seorang bapak paruh baya. Agaknya diri ini tertohok mendengar kalimat itu. Ada benarnya juga, pasti setiap orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya dan sangat berharap anaknya menjadi orang sukses. Mungkin tidak melulu harus kuliah, tapi sebagian besar orang (yang peduli pendidikan) tentu menginginkan anaknya sekolah tinggi lalu bisa menjadi orang yang sukses (lebih baik dari orang tuanya).

Lantas, kenapa saya merasa tertohok? Hmm, saya kembali disadarkan kenyataan bahwa tidak lain itulah yang mungkin juga diinginkan oleh orang tua saya. Belajar yang baik dan benar dan bisa menjadi orang sukses (dunia akhirat, aamiin). Dan lagi, saya merasa belum benar-benar belajar dengan baik dan benar. Belum benar-benar mengemban amanah ini dengan baik. Semoga setelah ini bisa lebih sering ingat dan sadar serta benar-benar bertanggung jawab atas apa yang menjadi pilihan saya dan terhadap apa-apa yang orang tua saya percayakan dan amanahkan pada saya. Semoga teman-teman yang lain juga begitu. Aamiin.

Komentar

