(Memahami dan Menyikapi) Ekspresi

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Setiap orang punya cara tersendiri untuk mengekspresikan emosi yang sama, entah itu bahagia, entah itu sedih, entah itu marah. Entah dengan tertawa, menangis, tersenyum, berteriak, atau bahkan diam. Karena itulah, tidak semua orang paham dan benar dalam menafsirkan ekspresi (atau sikap) seseorang. Tidak semua orang yang menangis itu sedih, dia bisa saja bahagia atau justru marah. Begitu pula dengan ekspresi-ekspresi lain.

Lantas, bagaimana kita harus menerima atau menyikapi ekspresi orang? Baiklah, tanyakan pada dirimu sendiri sikap apa yang kiranya terbaik yang dapat kamu lakukan, lalu lakukanlah. Jika dengan ikut menangis itu menurutmu terbaik, silakan. Atau dengan diam menurutmu itu terbaik, diamlah. Tapi ingatlah ini sebelum bersikap, tepatkah engkau bersikap demikian? Aku teringat pesan guru Bahasa Jawaku saat SMA. Beliau selalu berpesan agar kami (murid-muridnya) selalu menjawab soal dengan bener tur pener yang kurang lebih artinya benar dan tepat. Kurasa pesan itu juga berlaku dalam berbagai hal lainnya, termasuk dalam hal bersikap. Bersikaplah yang benar dan tepat. 🙂

Baiklah, itu memang hanya sebatas pikiranku. Mungkin benar, mungkin saja salah. Apapun itu, bagaimanapun itu, bersikaplah yang baik dan terbaik (jika mampu, usahakanlah). Terakhir yang perlu dipahami adalah kita tak kan pernah bisa mengubah (sikap) seseorang, yang bisa kita lakukan hanya memengaruhinya (dengan sikap kita). Bagaimana nanti hasil dari pengaruh itu, sepenuhnya hak Allah. Allah yang lebih berhak menentukan. Berserahlah pada-Nya dan mohonlah yang terbaik dari sisi-Nya. Begitulah kiranya.

Allaahu a’lam.

Semoga bermanfaat. Aamiin.

Advertisements

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s