Tanah Lapang itu Lebih Menyenangkan :)

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

That is. Seperti ini. Ya, lagi-lagi. Mmm, memang harus belajar banyak dan ditempa. Belajar lapang dada atas apa yang diberikan pada diri. Bersempit dada itu sakit. Paling tidak, aku akan memulainya dengan diam, berusaha diam, tidak menggerutu. Ok, ya, belajar ikhlas. Ok, akan terus belajar, kucoba. InsyaAllah.

Ada yang menyebalkan? Ya, biasanya ada-ada saja jika hati ini sempit, dada ini sempit. Ada-ada saja yang ingin menyusup. Udah sempit, disusup-susupin gitu aja, sesek kan? Yap, that’s. Belajar berlapang dada. Belajar jadi telaga, atau bahkan samudera (sayangnya untuk kiasan ini samudera kurang pas. Toh, sifat airnya pada umumnya sudah asin. Jadi ditambah atau tidak ditambah garam satu sendok sepertinya tidak terlalu berpengaruh). Ok, saya sepertinya akan lebih memilih telaga untuk kiasan ini, seperti cerita yang cukup masyhur tentang garam dan telaga. Bagaimana sesendok garam itu juka dimasukkan ke dalam segelas air disbanding dengan sesendok garam yang dimasukkan ke telaga. Masing-masing rasakan airnya kesudahannya (kuharap telaga ini jernih, sehingga mungkin tak terlalu was-was menyicipi ainya :D). Kurasa, walaupun tak mencobanya langsung, kita dapat tahu mana yang terasa lebih segar dan menyejukkan airnya. Ya, benar. Air telaga yang lebih terasa segar dan menyejukkan. Itulah analogi hati. Jika hati lapang, lega rasanya. Beban itu tak terlalu besar disbanding jika hati sempit (sepertinya memenuh-menuhi saja).

Baiklah, sekian dulu. Semoga bias diambil hikmahnya. Semoga Ramadhan tahun ini lebih baik (jauh lebih baik) dari Ramadhan-Ramadhan sebelumnya dan seterusnya menjadikan pribadi kita lebih baik. Aamiin.

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Ikhlas, sabar, rida. Belajar. InsyaAllah.

Jazaka(ki)llaah khairan.

Advertisements

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s