Janji

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Lelah? Bosan? atau Lemah?
Ya, mungkin salah satu dari ketiganya atau bahkan ketiga-tiganya pernah kita rasakan.
Saya pun pernah merasakannya dan tidak dipungkiri saat ini saya sedang merasakan salah satu dari ketiganya. Namun, saya ingat sesuatu. Saya ingat suatu hal yang pernah menyulut semangat saya, (mungkin lebih tepatnya) menambah kobaran api semangat saya. Satu hal, kata-kata yang berkumpul menjadi kalimat-kalimat sakti. Dari kalimat-kalimat sakti itupun tercipta satu bait tulisan. Tulisan yang saya sendiri tak tahu siapa penciptanya dan kapan diciptakan. Sebait tulisan itu adalah sebuah lagu. Lagu sederhana, tapi jika dimaknai dan dihayati akan mengena–benar-benar mengena jauh ke dalam hati dan jiwa.
Entah ini hanya sebatas perasaan saya atau bagaimana saya kurang tahu. Yang jelas, semangat saya pernah tersulut oleh sebait lagu ini. Dan, kali ini saya ingin lagu ini bisa menjadi salah satu pemantik api semangat saya untuk tetap berjuang saat ini, untuk esok, dan seterusnya. Saya ingin selalu ingat bahwa saya telah berjanji, saya telah berikrar dengan menyanyikan sebait lagu itu. Tidak hanya sekali atau dua kali, tapi berkali-kali bahkan saya tak tahu berapa kali saya (dan mereka)–kami melagukannya.

Aku dan mereka telah berjanji, saat itu, dini hari itu
disaksikan rintikan air hujan dan dingin angin malam
janji kami pada diri kami, mereka, dan Tuhan (tentunya)
untuk kami di masa sekarang dan masa yang akan mendatang
semoga kami s’lalu mengingatnya
dan menjadikannya tombak, cambuk, dan pemantik api semangat kami
aamiin.

Mars Fasilkom:

Samudera laut ilmu terhampar di hadapanku
Cakrawala bersinar memanggilku ke sana
‘Kan kusebrangi lautan, tak kukenal putus asa
Dengan daya dan upaya untuk Ilmu Komputer

Komentar

