“Saya bilang asyik, tapi bukan berarti mudah ya…:)”

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Yeah, alhamdulillah.
Kuliah pertama telah berlalu, hari ini πŸ™‚
Kuliah hari pertama: makul DDP (dasar-dasar pemrograman), pagi dan sore.
Seperti biasa, pertemuan pertama pasti perkenalan. Perkenalan dosen pengajar (namanya bapak Samuel Louvan), perkenalan apa itu DDP, dan sedikit materi tentang DDP. Lucu juga tadi waktu liat di PPT dosen ada peta kelas mahasiswa 2010 di kelas DDP, kalau tidak salah namanya emotical circle atau apa gitu. Terus ada lagi yang bikin ketawa pas ditampilin kesan pesan maba 2010 yang diajar pak Samuel, dari yang positif, negatif, sampe yang aneh. πŸ˜€

Di sesi ini, cukup banyak yang dipaparkan oleh pak Samuel terutama tentang pengalaman pengalaman terjun di IT dan mengajar. Satu hal yang beliau coba untuk camkan dan tanamkan ke kami, mahasiswanya adalah (kurang lebih) bahwa ngoding itu bukan segalanya, tapi sudah menjadi keharusan untuk mahasiswa fasilkom bisa ngoding. Dari kata-kata beliau tersebut bisa disimpulkan bahwa walaupun wajib bisa, sebagai mahasiswa ilmu komputer bukan hanya ngoding yang perlu kita pelajari, masih banyak materi dan ilmu lain yang harus kita lirik untuk pahami juga.

Satu hal lagi yang cukup saya ingat dan simpan. Beliau juga menyatakan bahwa kebanyakan (atau sebagian) mahasiswa ilmu komputer itu introvert. Ya, mungkin tidak benar seratus persen, tapi kemungkinan besar iya. Mungkin juga tidak hanya mahasiswa ilmu komputer yang bisa introvert, mahasiswa di fakultas ataupun jurusan lain pun bisa. Saya pun jadi berpikir sendiri. Hmm, apakah saya termasuk yang cenderung introvert? Saya tak tahu harus menjawab apa. Saya memang merasa agak susah untuk bergaul dengan orang baru. Bisalah mungkin ngobrol dikit, tapi tidak mudah untuk bisa merasa cocok dengan orang itu. Tidak mudah mendapat feel-nya. That’s fine to be my friends and I like to have a lot of friends, but I think it’s not easy to get the compatibiliy. I need more time to get the feeling. That’s not easy to get the comfort, especially with a new people.

Mengenai koding mengoding, saya jadi ingat pernyataan kakak mentor saya. Satu kalimat yang benar-benar dan paling saya ingat, simpan, dan dalami. Kurang lebih begini katanya, “Saya bilang ngoding itu asyik, tapi bukan berarti mudah lho yaa :)”
Yak, dan saya sebagai pemula sudah mulai merasakannya. Asyik, seru, tapi agak ribet juga. Mungkin saya harus menanamkan prinsip ini: ‘I try, I try, I try. Try and try.’. Harus banyak-banyak melakukan trial-error sepertinya. Harus tahan banting untuk terus mencoba. Harus! Bismillah. Semoga ke depan lancar. Aamiin, ya Rabb. πŸ™‚ I’ll enjoy it, I hope.

Ya, mungkin itu sedikit coretan tentang pengalaman first time kuliah ya, belum banyak yang bisa ditulis. πŸ˜€

Syukran.

Komentar

