Teringat (Lagi)

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Tengah malam, ditemani sebuah televisi
menyibukkan diri sendiri
menyelam dalam jauh di pikiran

ya Allah, aku takut
aku tak mau seperti itu
seperti kebanyakan orang yang kutahu

kuingat lagi,
baru tadi kuingat
sudah lama ya tak turun hujan?
Lama tak merasakan kesejukan tetesannya
lama tak tercium basahnya rumput
basah tanah
hujan

kembali tenggelam dalam angan pikiran
oh Allah, kumohon
biarlah aku tetap aku
hidupku tetap hidupku
jangan buatku seperti mereka kebanyakan

Oh Allah, aku tak tahu bagaimana besok, lusa, dan seterusnya
mereka masih mimpi
aku hanya berharap semoga Engkau s’lalu di sampingku, menemaniku

sulit kuungkapkan dengan lisan
tulisanpun hanya sebagian
tentu Engkau lebih tahu karena Engkau Mahatahu

biarlah kuumbar semuanya dalam hati
sampai aku siap menuturkannya
menuliskan selengkapnya
pun aku siap, mungkin aku tak mampu

kata hati ini terus mengucur begitu saja
tak imbang dengan kecepatan pikirku
kecepatan tanganku
tak henti meluncurkan segala yang ia rasa

tapi kumohon Allah
jangan kau biarkan keluar lagi prasangka buruk
walau dalam hati
luruskanlah niat yang bengkok
baikkanlah prasangka yang tak baik

jalanku masih panjang
pikirku
tapi aku tak tahu kapan waktuku
langkah kakiku mendekat ke arah citaku
di tempat baru kembali kumenimba ilmu

lagi-lagi kuingat kata bapakku
“wong cah ra tau lunga-lunga, sepisan lunga langsung adoh”

oh Allah, terkadang aku berpikir ulang
tapi ini sudah jalanku, pilihanku
dari segala mata angin memang memicu
pertanyaan yang tak tepat waktu

tapi ini pilihanku
sudah
biarkan aku tetap di sini
pada pilihanku ini
kuyakinkan diri pasti bisa
pasti akan kuubah, bisa kuubah
kuperbaiki, kubangun

walau masih sebatas mimpi
angan yang masih bersih
kuawali dengan tinta niat
ikhlas, ikhlas, ikhlas
kuteruskan dengan tinta tekad
kuat, kuat, kuat
kukumpulkan tinta fokus
usaha, usaha, usaha
tulus

oh Allah, hanya kepada-Mu kami kembali

Laa haula wa laa quwwata ilaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim

Komentar

